Banyak bangunan bersejarah di Indonesia telah hilang karena cuaca, karena terlalu tua dan tidak mendapat perawatan yang baik. Bahkan bangunan-bangunan ini adalah saksi dari perjuangan negara kita, tetapi beberapa bangunan tetap kokoh dan menjadi ikon daerah atau tempat wisata untuk dikunjungi untuk menemukan sejarah negara kita.

Benteng Rotterdam
Benteng Warisan Gowa-Tallo ini terletak di Makassar, ibukota Sulawesi Selatan. Pinggiran benteng dibangun pada 1545. Tempat ini berganti nama menjadi Fort Rotterdam ketika Belanda mendudukinya.

Taman Sari
Di dalam Kraton Yogyakarta terdapat taman berbagai bangunan seperti kolam pemandian, jembatan gantung, danau buatan, dan underpass. Taman ini disebut Taman Sari, tempat pemandian putri raja di zaman kuno.

Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg
Benteng yang memiliki empat sudut menara kontrol adalah pusat pertahanan dan pemerintahan penduduk Belanda selama masa kolonial, tetapi sekarang bangunan megah ini adalah museum yang ada di pusat kota, yaitu titik nol dari Yogyakarta.

Lawang Sewu
Bangunan yang berlokasi di Semarang juga merupakan kantor pemerintah Belanda selama masa kolonial. Bangunan itu cukup panjang, yaitu 3 tahun dari tahun 1904 hingga 1907. Bangunan itu memiliki banyak pintu di dalam, sehingga disebut Lawang Sewu atau Seribu Pintu.

Menara jam
Jam Gadang, hadiah Ratu Belanda kepada Rook Maker, sekretaris kota Bukittinggi pada masa pemerintahan Hindia Belanda, selesai pada tahun 1926 di Sumatra Barat.